Rabu, Desember 31, 2008

Baksos In Soreang and Ciwedey

"Karena kami yakin, permasalahan kesehatan dan lingkungan adalah bencana yang akan membuat bencana yang lebih besar lagi"
Banyak permasalahan yang hadir di negeri ini. Bahkan ada juga yang menyebut negeri ini 1001 bencana. Tidak hanya bencana alam yang kejadiannya tak menentu, namun ada bencana yang senantiasa "terpelihara", yaitu bencana kesehatan dan lingkungan. Permasalahan ini kadang jarang diperhatikan, padahal justru bencana ini yang dapat menjadi bom untuk terciptanya bencana yang lebih besar. Untuk itulah diperlukan usaha dan karya nyata dari segenap bangsa, termasuk mahasiswa.
Kami, Badan Eksekutif Mahasiswa Bandung Raya, yang merupakan gabungan BEM-BEM di wilayah Bandung, melakukan kegiatan sosial dengan tema Raketkeun Duduluran, Silih Rojong Sauyunan - Rekatkan Persaudaraan, Saling Bantu dengan Sesama, yaitu dengan melakukan kegiatan pelayanan kesehatan gratis, penanaman 12.000 bibit pohon yang kami lakukan untuk 13 desa yang tersebar dari kecamatan Ciwidey, Soreang, hingga Ketapang. Serta melakukan perbaikan fasilitas umum di beberapa wilayah di area tersebut. Yang kami lakukan selama 1 pekan sejak hari Senin, 27 Oktober 2008 hingga 2 minggu, 2 November 2008. Kegiatan ini sebagai wujud karya nyata kami dalam memberikan kontribusi perbaikan masyarakat, serta membangun sense social kami untuk bekal ke depannya.
Kegiatan yang telah kami lakukan, telah memberikan bantuan pelayanan kesehatan untuk 6.131 orang atau kurang lebih sekitar 511 orang di setiap desa.
Dalam kegiatan penanaman pohon, kami telah menanam 12.000 bibit pohon yang tersebar antara kecamatan Ciwidey hingga Ketapang, untuk membantu kelestarian alam dan penghijauan di wilayah ini. Kami pun melakukan perbaikan beberapa fasilitas umum seperti perbaikan saluran air, MCK, dan tempat wudhu di desa Cibodas, serta pembuatan paving block, pengadaan karpet, dan perbaikan bangunan Sekolah MTs Asy-Syuhada di Desa Bandasari Kecamatan Cangkuang. Kami juga melakukan berbagai macam kegiatan lainnya. Seperti kegiatan nonton bareng dan atraksi seni calung serta perkusi yang kami lakukan di Desa Panyirapan. Juga kegiatan kompetisi tumpeng antar desa serta lomba mewarnai untuk anak-anak.
Kegiatan ini terlaksana atas kerja sama BEM Bandung Raya dan Posko Jenggala yang senantiasa melakukan aksi-aksi kemanusiaan di berbagai tempat. Serta dukungan dari pemerintah Kabupaten Bandung dan aparatur desa yang membantu dalam kelancaran pelaksanaan kegiatan. Juga tentunya para penyandang dana yang mensupport ide dan pemikiran ini menjadi sebuah realitas.
Terima kasih atas bantuan dan dukungannya. Semoga ini dapat menjadi pelecut untuk setiap pihak, terutama para pengambil kebijakan, untuk turun ke lapangan, memberikan yang terbaik dan mengambil kebijakan yang pro masyarakat. Agar negeri ini sejahtera bukan sebuah mimpi lagi.
Spesial Thank You buat koordinato baksos, gilang(itb) dan koordinator Posko Jenggala, Andi Sahrandi (Medco). Semoga Amal dan pengorbanan kalian diterima oleh Tuhan YME.

-shobri (telkom)-
koordinator baksos bagian fasilitas umum

1 komentar:

  1. Rekan2 sudah bekerja keras,,, sudah selayaknya mendapat apa yg rekan impinkan demi terciptanya masyarakat makmur dan sejahtera.

    BalasHapus